Dapatkan EXTRA GRATIS info

Tuesday, January 22, 2013

5 TANAMAN BERKHASIAT CEPAT MELANGSINGKAN TUBUH

5 TANAMAN BERKHASIAT CEPAT MELANGSINGKAN TUBUH

Memiliki tubuh seksi dan langsing merupakan dambaan setiap wanita dan juga para pria.  Namun,  gaya hidup modern jaman sekarang ini,  sering menjadi kambing hitam karena meningkatnya bobot tubuh dan lemak di tubuh kita.
Karenanya,  tidak heran bila banyak produk menawarkan alat pelangsing,  juga obat-obat serta jamu susut badan menjadi barang dagangan yang laris dijajakan.  Ini pertanda,   kegemukan atau obesitas sudah menjadi masalah sosial.



Tentu banyak cara untuk melangsingkan tubuh,  namun semua itu memiliki kelemahan dan kelebihannya.  Salah satu cara yang bisa dibilang cukup menarik dan efektif dalam melangsingkan tubuh,  adalah memanfaatkan tanaman sebagai ramuan tradisional.  Seperti beberapa tanaman yang berfungsi sebagai pelangsing tubuh antara lain : 1.Asam Jawa, 2. Jamu Kunyit, 3. Kemuning, 4. Wortel dan Mentimun, 5. Teh Hijau


1. ASAM JAWA
Jika anda bosan dengan metode metode pelangsing yang tidak kunjung terlihat hasilnya.  Anda bisa mencoba dan mengawali dengan pemanfaatan tumbuhan alami sebagai metode pelangsing anda kali ini.  Anda dapat memulainya dengan tumbuhan asam jawa.  Karena hampir semua bagian dari asam jawa memiliki manfaat.  Masyarakat sering mengonsumsi asam jawa ini untuk campuran masakan,  seperti bacem,  bumbu oseng,  sayur asem,  atau untuk menggoreng ikan.
Selain digunakan sebagai bumbu dapur,  asam jawa juga sebagai tanaman obat.  Daun tumbuhan ini dapat digunakan sebagai obat penurun kadar kolesterol tinggi,  dengan kandungan kimia saponin,  flavonoid dan tanin.
Senyawa aktif flavonoid dan tanin pada tanaman asam jawa,  dapat meningkatkan degradasi,  peluruhan lemak,  melalui peningkatan metabolisme dalam tubuh.  Sehingga terjadi proses pembakaran timbunan lemak.  Selain itu,  peluruhan lemak oleh senyawa aktif flavonoid dan tanin melaui pendekatan pemecahan lemak,  dikatalisis oleh enzim lipase.  Ekstrak yang bersifat aktivator pada enzim.  Juga dapat mendegradasi lemak.  Sehingga mempunyai potensi sebagai obat pelangsing alami.  Cocok untuk anda yang mengidamkan tubuh yang ideal.
2. JAMU KUNYIT
Tumbuhan selanjutnya yang bermanfaat sebagai pelangsing tubuh ialah jamu kunyit.  Manfaat jamu kunyit sudah tidak perlu diragukan lagi.  Banyak dimanfaatkan oleh sebagian  masyarakat,  untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.  Selain karena biaya yang jelas murah,  jamu tradisional juga terbukti manfaatnya.  Karena seiringnya kesadaran masyarakat saat ini untuk memanfaatkan pengobatan tradisional,  popularitas jamu kunyit pun kembali terangkat.
Masyarakat tradisional indonesia sebenarnya sudah banyak yang bisa membuat resep yang ampuh untuk melangsingkan tubuh.  Penggunaan kunyit sebagai bahan jamu alami,  telah berlangsung sejak dahulu kala.  Tak ada salahnya untuk di coba.  Namun bila ingin di konsumsi,  Anda harus memperhatikan benar-benar kadar dosis yang ada di dalam jamu tersebut.  Dalam satu racikan jamu,  anda bisa mencampurkan tanaman berkhasiat seperti kunyit yang dicampur dengan jati belanda,  dan temu lawak untuk setiap racikan jamu pelangsing.
Bahan ini dikenal sebagai jamu untuk menambah nafsu makan,  tapi dalam jamu pelangsing,  dapat berfungsi sebagai antibiotik untuk mengantipasi luka lambung,  atau usus akibat iritasi dari bahan jamu lainnya.  Disamping minum jamu tersebut,  sangat dianjurkan bagi anda untuk mengimbanginya dengan berolahraga dan pola makan sehat.
3. KEMUNING
Tanaman berikutnya yang memiliki manfaat untuk melasingkan tubuh,  terdapat pada tumbuhan kemuning.  Tanaman kemuning dahulu kala merupakan salah satu tanaman yang sering di jumpai di Keraton Jawa.  Dan konon tanaman kemuning ini merupakan tanaman yang  wajib ditanam di halaman keraton.  Ternyata karena tanaman kemuning mempunyai manfaat yang baik untuk kesehatan,  dimana hampir semua bagiannya bisa di gunakan untuk pengobatan.
Selain bermanfaat untuk kesehatan,  tanaman kemuning juga bisa membantu menjaga penampilan kita,  yaitu dengan melangsingkan tubuh.  Anda bisa memanfaatkan daun kemuning yang dipercaya berkhasiat mempertahankan sel tubuh agar tidak terganggu lemak.  Untuk melangsingkan tubuh,  anda bisa meracik satu genggam daun kemuning segar,  satu genggam daun mengkudu,  ditambah temugiring sebanyak setengah jari kelingking.  Tumbuk dengan halus,  lalu ditambah satu cangkir air masak,  peras dan dapat anda saring.  Airnya dapat anda minum pada pagi hari sebelum sarapan.  Semoga bermanfaat ya.
4. WORTEL DAN MENTIMUN
Selain tumbuhan yang bermanfaat melangsingkan tubuh,  ternyata banyak juga manfaat sayuran bagi tubuh kita.  Kandungan alami yang terdapat di dalamnya,  bermanfaat untuk mengurangi kadar lemak dalam tubuh.  Seperti sayuran wortel yang dikenal memiliki banyak kandungan bermanfaat,  termasuk memiliki kandungan betakaroten.  Dan mentimun yang mempunyai kandungan air yang berlimpah.  Kandungan airnya hingga 90%,  karena itu tumbuhan keluarga labu ini sangat sering dikonsumsi sebagai penghilang dahaga.  Uniknya,  beberapa sayuran ini biasa kita dapati di dapur,  dan paduan keduanya ternyata juga mampu melangsingkan tubuh.
Cara memanfaatkan kedua sayuran segar tersebut,  bisa anda formulasikan dengan dibuat menjadi jus.  Jus wortel dengan mentimun juga dapat dijadikan ikhtiar menurunkan berat badan.  Caranya dua atau tiga batang wortel dan satu buah mentimun berukuran sedang  diparut.  Lalu selanjutnya airnya peras.  Untuk memperkaya rasa dapat dibubuhi sari jeruk nipis.  Jus ini dapat diminum sedikitnya dua hari sekali,  sampai anda memiliki berat badan yang di idamkan.
5. TEH HIJAU
Tanaman terakhir yang sangat bermanfaat bagi tubuh,  dan khususnya bagi kita yang ingin melangsingkan tubuh adalah manfaat teh hijau.  Teh merupakan salah satu minuman yang begitu familiar bagi kita.  Banyak peminatnya di wilayah asia dan khususnya di asia tenggara.  Di indonesia,  meminum teh pun sering disajikan setiap hari.  Teh memang banyak manfaatnya,  karena kandungannya sangat baik bagi tubuh.
Selama ini banyak orang sering menggunakan teh hijau sebagai minuman kesehatan.  Teh hijau juga telah lama dikenal sebagai salah satu pembakar lemak dan pengobatan tradisional.   Teh hijau mengandung antioksidan yang sangat tinggi,  sehingga membantu meningkatkan pembakaran lemak dalam tubuh.
Cara yang baik untuk membuat teh hijau ialah,  seduh teh hijau dengan air panas,  lalu dinginkan.  Sebaiknya diminum sebelum menyantap makanan.  Teh hijau akan membantu menahan asupan lemak.  Atau,  bisa juga diminum sebelum anda berolahraga,  karena akan membantu membongkar lemak di bawah kulit akan lebih cepat.  Namun untuk mengkonsumsi teh hijau,  sebaiknya jangan minum teh saat perut dalam keadaan kosong.  Sebab dapat meningkatkan produksi asam pada lambung.  Dan minimalkan juga minum teh hijau yang dicampur dengan gula.  Karena menyebabkan zat-zat yang dikandungnya menjadi berkurang.

No comments:

Post a Comment

Translate